Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 17 Maret 2014


Bismillah
Mendengar kata rekreasi, wisata dan ekowisata, apa yang akan terlintas pada pikiran kita ? Apakah kita akan diam membisu dan mengatakan, " Ah itu kan sama saja" atau bahkan ada segelintir di antara kita yang berkoar koar untuk memperjuangkan perbedaan di antara ketiga kata tersebut. Apa pun tanggapan kita akan tiga kata tersebut memang sesungguhnya tiga kata tersebut berbeda huruf dan juga berbeda definisi. 



Rekreasi, apakah itu ? Kalau ditinjau dari kata maka bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu Re dan Kreasi. Re biasanya berarti kembali dan kreasi biasanya berarti sesatu untuk menghasilkan sesuatu, atau mudahnya rekreasi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengembalikan kreaktivitas. Rekreasi, apakah rekreasi harus pergi ke tempat wisata ? Rekreasi tidak harus pergi ke tempat wisata, intinya apa pun kegiatnnya asalkan mengembalikan kreativits maka kegiatan itu disebut rekreasi. Lalu apakah tidur siang, makan siang, melihat langit, menikmati angin, bermain game disebut rekreasi ? Ya jikalau memang kegiatan-kegiatan tersebut membuat kita kembali kreatif. Apakah rekreasi sama dengan refreshing ? Ya  ya ya itu benar, rekreasi = refreshing dan sebaliknya. 



Gambar 1. Contoh Rekreasi
(sumber gambar : http://hdwallpapercollection.com/wp-content/uploads/2013/02/baby-picture-sleep-wallpapers.jpg)

Wisata, apakah wisata itu ? Wisata merupakan sebuah kegiatan yang direncanakan pada waktu tertentu yang di dalamnya terdapat unsur "perjalanan" dari suatu tempat ke tempat yang dituju. Inti dari definisi wisata adalah perjalanan yang terencana. Apakah kegiatan wisata merupakan rekreasi ? Tergantung, apabila memang suatu kegiatan wisata mengembalikan kreativitas maka kegiatan tersebut bisa disebut rekreasi, namun apabila tidak maka maaf-maaf saja kegiatan tersebut bukan rekreasi. Sehingga belum tentu wisata itu mengandung unsur rekreasi dan tidak selalu rekreasi berbentuk wisata.



Gambar 2. Contoh Wisata
(sumber gambar : http://www.wallpaperswala.com/wp-content/uploads/2013/04/travel_wallpaper.jpg)


Lalu apa yang disebut ekowisata ? Apa perbedaan ekowisata dengan wisata ? Ekowisata apabila ditinjau dari susunan kata maka terdapat dua buah kata yaitu Eko dan Wisata. Eko itu apa sih ? Eko apabila ditinjau dari segi bahasa latin maka artinya Oikos atau rumah tangga, lah berarti Ekowisata adalah wisata rumah tangga ? Tidak, sekali-kali tidak. Ekowisata itu wisata rumah tangga alam semesta, ya atau lebih singkatnya wisata alam, wisata yang memanfaatkan keindahan ciptaan Allah pada alam semesta. Alam itu sebenarnya rumah tangga karena terdapat unsur-unsur yang saling berinteraksi. Ekowisata itu contohnya apa saja ? Banyak ada ekowsiata perairan, ada ekowisata di hutan, ada ekowisata di gurun dan sebagainya. Pokoknya wisata mengenai alam disebut Ekowista. Lalu apa tujuan ekowisata ? Tujuannya supaya meningkatkan pemahaman orang mengenai keindahan alam sehingga tergerak hatinya untuk menjaga alam tersebut supaya keindahannya tidak hilang. Lalu bagaimana bila ekowisata tidak meningkatkan pemahaman ? Pertama dilihat dari lokasi ekowsiata tersebut, apabila lokasinya memang jelek, tidak terurus seperti banyak sampah, banyak sumberdaya alam yang dirusak ya wajar saja apabila tidak meningkatkan pemahaman, Kedua dilihat dari orang yang berekowisata itu sendiri serta kehendak Allah.Apabila orang yang berekowisata bertujuan hanya sebatas pamer foto ya apa daya dan juga apabila Allah sudah berkehendak menyadarkan orang akan pentingnya alam semesta ya maka terjadilah itu, apabila Allah belum berkehendak ya maka sebaliknya. 



Gambar 3. Contoh Ekowisata
(sumber gambar: http://www.redorbit.com/media/uploads/2012/03/science-031012-006-617x416.jpg)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar