Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 02 Juni 2014




                                                  http://www.photocase.com/stock-photos/282923-stock-photo-hand-bright-arm-skin-3-fingers.jpg 
(sumber gambar : http://www.photocase.com/stock-photos/282923-stock-photo-hand-bright-arm-skin-3-fingers.jpg)
Bismillah

Hidup memang penuh misteri begitu pula angka. Di setiap angka terdapat misteri yang terkadang membuat penasaran hati. Apalagi misteri itu berada di bulan termulia yang mengunggah rasa hati, untuk mendapatkan pahala berlimpah setiap hari, di bulan yang termulia dalam setahun sekali, bulan Ramadhan yang kelak akan kita jumpai.


Misteri angka 3, maksudnya apa ya ? Maksudnya amatlah sederhana, ya sederhana. Maksudnya adalah 3 amalan agung di bulan Ramadhan, 3 amalan yang biasanya dikerjakan oleh kaum muslimin di bulan Ramadhan. Amalan apa saja itu dan apa pahalanya ? Penasaran atau bahkan tidak penasaran sama sekali ? Ok sekali jawapannya adalah opsi kedua tapi apa salahnya membaca...

Berdasarkan yang dituturkan oleh Syaikh Muhammad bin shalih al-Utsaimin rahimahullah amalan-amalan tersebut terdiri dari zakat, qiyamul lail dan puasa. 

Amalan  pertama yaitu zakat, zakat biasa dikerjakan ketika hendak mendekati hari Idul Fitri, zakat berupa makanan pokok biasa kita tunaikan sehari dua hari sebelum datangnya Idul Fitri. Zakat memiliki keutamaan besar yaitu sebagaimana yang Allah firmankan di dalam surat al-Baqarah ayat ke-265 yaitu "Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk ketughan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya maka hujan gerimis pun memadai dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” Allah pun mengancam bagi seorang muslim yang mampu mengeluarkan zakat namun tidak mengeluarkannya sebagaimana yang dijelaskan dalam Hadits riwayat Bukhari bahwasanya Rasulullah shallallaahualayhi wassalam bersabda, " Barangsiapa diberi harta oleh Allah lalu dia tak menunaikan zakatnya maka pada hari kiamat nanti hartanya itu akan diwujudkan dalam bentuk ular jantan yang memiliki dua titik hitam yang menginggitnya dengan dua taring sembari mengatakan, "Aku adalah hartamu, Aku adalah harta simpananmu". Zakat fitrah begitu mudah ditunaikan bagi orang yang Allah mudahkan, hanya 2.5 - 3 kg saja dari makanan pokok yang biasa kita makan, jangan mempersulit hati untuk beramal, janganlah sampai hari kelak kita berada di dalam kesulitan. 

Amalan berikutnya adalah puasa. Jelas ini merupakan inti pembahasan yaitu puasa di bulan Ramadhan. Hampir seluruh kaum muslimin melakukan ini. Saya katakan "Hampir", mengapa hampir, karena ada saja yang tidak melakukan puasa di bulan Ramadhan bukan karena uzur melainkan karena godaan setan dari dirinya yang dituruti. Berpuasa di Bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang besar sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari bahwasanya Rasulullah shallallaahualayhi wassalam bersabda, " Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala maka ia diampuni dosanya yang telah lewat". Dosa di sini adalah dosa-dosa kecil, lalu bagaimana bila seseorang melakukan dosa yang bukan dosa kecil melainkan dosa besar ? Berdasarkan perkataan Imam Nawawi rahimahullaah maka insyaAllah amalan ini akan membantu diampunkannya dosa-dosa besar. 

Amalan ketiga yaitu Qiyamullail atau shalat malam. Qiyamul lail memang sunnah hukumnya, namun alangkah meruginya seseorang yang meninggalkan amal ini karena Rasul shallallaahualayhi wassalam telah bersabda dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim bahwasanya, "Barangsiapa melakukan qiyamul lail pada bulan Ramadhan karena iman dan karena mengharap pahala maka dia akan diampuni dosanya yang telah lewat". Shalat tarawih pun merupakan salah satu shalat malam, maka itu janganlah tinggalkan shalat tarawih kalau memang tidak ada keperluan yang amat penting dan mendesak, dan apabila sanggup kerjakanlah shalat tarawih secara berjamaah sebagaimana sabda Nabi shallallaahualyhi wassalam dalam hadits riwayat Abu Daud, atTirmidzi, anNasai dan Ibnu Majah bahwasanya "Barangsiapa melakukan qiyamul lail (shalat tarawih) bersama imam sampai selesai maka ditulis baginya pahala shalat satu malam penuh". 

Sekian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga saja bermanfaat dan dapat diamalkan ketika menghadapi bulan Ramadhan kelak.
Allaahua'lam bis shawab.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar