Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 28 Desember 2014

Bismillah
Alhamdulillah hari ini aku bekerja seharian, tapi gak non stop juga, ada stopnya, itu pun hanya sebentar saja, paling lama juga stop 45 menit, itu pun kugunakan untuk tidur. Ya sejak pagi aku ngerjain pekerjaan yang sebenarnya belum mendekati deadline, sebuah pekerjaan penting yaitu mengerjakan proposal praktek kerja lapang. Gak mulai dari nol sih tapi mulai dari minus, lho kok gitu ? ya karena aku bagian "finishing", biasa ketua kelompok. Sebenarnya aku dapat bagian juga ngerjain materi tetapi apa boleh buat ketua ya harus finishing bener-bener finishing bukan asal finish tanpa -ing. 


Kerjaan finishing, ya biasanya kalau gak tugas kayak gini aku cuma finshing asal-asalan, asal copas, asal gabung-gabung punya temen entah itu nyambung atau gak kujadikan satu lalu kukirim ke email asisten praktikum,tapi untuk kerjaan sepenting ini aku gak boleh asal, kenapa ? Pertama karena dosen pembimbing dua-duanya teramat disiplin dalam memeriksa proposal, salah sedikit bisa batal diskusi dan terpaksa harus bertemu di lain waktu dan sibuk lagi ngerjain proposal, kedua karena ini ada sangkut pautnya dengan nama civitas. Apabila proposal yang diberikan ke Taman Nasional asal-asalan tentu akan ada image buruk terhadap civitas akademikku.

Hari ini mungkin hari paling lama aku kerja, hampir 13 jam aku kerja. Tentu pembaca bertanya-tanya, kok ngerjain gitu aja lama banget sih ? Gimana ngerjain skripsi coba ? gimana tesis ? gimana ngerjain skripsi istri ?  , ok jujur kinerja ku masih lambat, aku masih lemot, banyak teknik-teknik di Ms.Word 2007 yang belum banyak kukuasai sehingga perlu lebih dari 1 jam untuk searching searching teknik, lalu aku pun belum tahu strtaegi bekerja cepet, gimana caranya. Mungkin pekerjaan finishing itu bisa dikerjakan dalam waktu paling lama 2 jam, tapi apalah daya bila belum bisa meraih puncak Himalaya, otak masih apa adanya. Lalu gimana solusinya supaya aku bisa bekerja lebih cepat? Mungkin ini solusi dari diriku sendiri, bukan dari mana-mana :

1. Terimalah pekerjaan dengan tenang jangan panik
2. Susunlah pekerjaan dengan baik dan benar, jangan asal kerja. Pilihlah pekerjaan yang termudah lalu lanjut ke yang tersulit.
3. Kerjakanlah pekerjaan secara runut, jangan sampai ada dua kerjaan dalam satu proses pengerjaan, hal itu akan menghilangkan fokus.Seperti janganlah mengedit format paragraf sambil membaca isi yang pada akhirnya malah berhujung pada mengedit isi
4. Jangan tunda pekerjaan yang bisa dilakukan segera
5. Siapkan badan yang siap fokus tanpa bergerak, berpindah dan mengambil HP lalu buka WA,Line atau FB selama 2 jam, ya 2 jam non stop fokus.

Ok..Arachdian semangat


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar